Gangguan teknis dan mengganggu kita dalam menggunakan layanan modem Speedy yang kerap terjadi adalah :
- Sinyal modem Speedy tiba-tiba melemah. Lampu indikator melemah, hanya tinggal satu titik dan berkedip-kedip.
- Sinyal terputus pada indikator jaringan internet pada layar komputer kita.
- Download dan upload serasa sangat lama dan munculnya cursor yang bentuknya bulat berputar-putar seperti gasing ada tempatnya tidak henti-hentinya sampai beberapa detik bahkan sampai 1 menit.
Gangguan jaringanbisa juga disebabkan oleh:
- pemutusan jaringan karena belum bayar langganan
- jaringan kabel telepon dekat rumah atau lokasi usaha internet Anda terputus atau sedang ada perbaikan jaringan.
Gangguan teknis bisa terjadi karena berbagai macam sebab yaitu:
- modem yang terlalu panas,
- sambungan kabel yang longgar/jelek atau terbalik
- cuaca buruk/badai matahari,
- server/router sedang sibuk,
- download manager yang berlebihan,
- komputer terkena virus
- sabotase sambungan internet.
Untuk mengatasi permasalahan gangguan teknis di atas. Tidak perlu repot-repot bahkan ada yang harus mengadu ke pihak operator dan meminta datang ke tempat usaha atau rumah Anda untuk membenarkan jaringan internet Speedy anda.
Yang pertama kali dilakukan adalah memastikan sambungan kabel ke jaringan telpon, splitter dan ke laptop/komputer terpasang dengan benar dan tidak longgar atau putus.Jika Anda menggunakan koneksi wireless (WiFi) pastikan akses WiFi yang tersambung sesuai.
Matikan lampu on/off pada modem. Setelah mematikan 5 -10 detik (atau lebih lama jika modem terasa sangat panas), kemudian nyalakan kembali. Tunggu 1 menit hingga lampu indikator pada modem terlihat menyala penuh.
Kecepatan download/upload bisa dipercepat dengan mengubah DNS. Caranya sbb:
- Buka Control Panel --->> Klik Start Pilih Control Panel
- Lihat menu Network And Internet dan pilih View Network Status And Tasks
- Pilih change adapter setting
- Klik Kanan Pada Local Area Network
- Pilih Properties.
- Pilih Internet Protocol Version 4 (TCP / IPv4). Klik Properties
- Masukan nomor DNS pada kedua kolom tersebut. Sebagai contoh Anda bisa memasukkan DNSdari Google.
Alternate DNS Server : 8 . 8 . 4 . 4
- Klik OK
Jika masih belum bisa teratasi, silakan telpon ke 147. Setelah tersambung matikan telepon. Atau kalau mau mengobrol dengan petugas 147 ya boleh-boleh saja.
Dan sim alabim Anda sudah dapat terhubung lagi dengan lancar ke internet.
Dan sim alabim Anda sudah dapat terhubung lagi dengan lancar ke internet.
Anda juga bisa datang ke plasa telkom terdekat. Sebaiknya hindari tanggal 19-20 karena pada saat itu adalahhari terakhir pembayaran telkom. Biasanya antreannya jadi lebih lama.
Semoga bermanfaat.
http://sbya12.blogspot.com/
BalasHapusmantap postingan nya , kumbal gan