Kamis, 13 November 2014

InDiCampus: e-Akademik, Sistem Informasi Akademik

· Sistem Informasi Akademik (e-Akademik)

Salah satu komponen penting dalam program InDiCampus (Indonesia Digital Campus) adalah sistem informasi akademik yang handal.

e-Akademik secara khusus dirancang untuk memenuhi kebutuhan kampus (Perguruan Tinggi) yang menginginkan layanan pendidikan yang terkomputerisasi untuk meningkatkan kinerja, kualitas layanan, daya saing serta kualitas SDM yang dihasilkannya. Aplikasi e-Akademik dibangun untuk memberikan kemudahan bagi perguruan tinggi dalam membuat laporan EPSBED.

e-Akademik dapat membantu dalam pengelolaan data nilai mahasiswa, mata kuliah, data staf pengajar (dosen) serta administrasi fakultas/jurusan yang sifatnya masih manual untuk dikerjakan dengan bantuan Software agar mampu mengefektifkan waktu dan menekan biaya operasional.

e-Akademik juga telah disesuaikan dengan kebutuhan pembuatan laporan Perguruan Tinggi, diantaranya pembuatan laporan EPSBED (Evaluasi Program Studi Berbasiskan Evaluasi Diri) yang diserahkan kepada DIKTI setiap semester serta pelaporan untuk perpanjangan izin program studi secara OTOMATIS.

» Keunggulan e-Akademik

§ User Friendly

Disain tampilan dan menu-menu yang mudah dioperasikan dengan tidak menghilangkan informasi penting yang ingin disampaikan.

§ Sesuai dengan kebutuhan Perguruan Tinggi

e-Akademik dirancang untuk mengakomodasi kebutuhan sistem akademik pada Perguruan Tinggi seperti sistem pengambilan mata kuliah, format transkrip nilai, pengelolaan data mahasiswa dan dosen, pengelolaan program studi dan lain-lain.

§ Kompatibel dengan laporan DIKTI

e-Akademik dapat mengakomodir kebutuhan pembuatan laporan EPSBED (Evaluasi Program Studi Berbasiskan Evaluasi Diri) SK-034 dari DIKTI sehingga laporan ke DIKTI setiap semester dapat dibuat dengan cepat dan akurat karena diambil dari ‘transaksi’ kegiatan harian instansi Anda.

§ Kompatibel dengan laporan DIKTI (SK-108)

SK-108 diperlukan sebagai syarat untuk perpanjangan izin program studi. Dengan bantuan SI Akademik, Anda tidak perlu lagi repot membuat laporan yang harus diserahkan setiap 2 tahun ini.

§ Menekan Biaya Operasional

e-Akademik terbukti efektif memangkas biaya operasional pengelolaan data akademik terutama dalam hal efektifitas kerja dan biaya untuk alat tulis kantor (ATK).

§ Berbasis Web/Jaringan

e-Akademik dapat digunakan dalam sebuah jaringan lokal (LAN) maupun internet sehingga memudahkan koordinasi dan efektif kerja.

§ Bebas biaya lisensi untuk komputer client

User berhak/dibebaskan menggunakan komputer client tanpa dibebani biaya tambahan, berapapun jumlah komputer client yang digunakan.

§ Dikembangkan secara kontinue dan konsisten

e-Akademik dikembangkan secara berkesinambungan dan konsisten demi meningkatkan kemampuannya terutama dalam penyesuaian dengan versi terbaru dari sistem laporan ke DIKTI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar